MELISA ANGGRAINY PUTRI

Keep Smile and Keep Spirit :)

PENGHARGAAN YANG TELAH DIRAIH OLEH IRWAN HIDAYAT DALAM MEMIMPIN PERUSAHAAN SIDO MUNCUL

SIDO MUNCUL KEMBALI RAIH PENGANUGERAHAN MARKETING AWARD 2008-Diikuti Dua Produk Unggulannya Tolak Angin dan Kuku Bima terima penghargaan ICSA 2008

Setelah pada tahun sebelumnya PT Sido Muncul mendapatkan penghargaan Marketing Award 2007 untuk dua kategori sekaligus yaitu “The Best Market Driving Company dan The Best Campaign in Marketing”, Rabu, (17/9) bertempat di Balai Sarbini Jakarta, PT Sido Muncul kembali menerima penghargaan yang sama Marketing Award 2008 kategori “The Best in Social Marketing”.

Penghargaan akan diberikan oleh Handi Irawan, Konsultan Pemasaran yang merupakan salah satu Dewan Juri Marketing Award dengan didampingi PJ Rahmat Susanta, Editor Chief Majalah Marketing dan diterima oleh Irwan Hidayat, Direktur Utama PT Sido Muncul.

Marketing Award adalah penghargaan prestisius didunia marketing Indonesia yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan terbaik yang telah berhasil menang dalam kompetisi melalui berbagai area di dunia marketing yakni: Inovasi, Market Driving, Campaign, Social Marketing, International Marketing, Experiential Marketing dan IT Marketing.

Penghargaan ini merupakan simbol dari puncak keberhasilan perusahaan di Indonesia, dalam menjalankan strategi pemasaran yang komprehensif, yang membuat perusahaan meraih keunggulan jangka panjang. Penjurian dalam Marketing Award menghasilkan perusahaan-perusahaan terbaik di Indonesia, yang selama beberapa tahun terakhir menujukkan kepemimpinannya di bidang pemasaran.

Para dewan juri adalah tokoh dari dunia akademisi, konsultan & pakar di bidang pemasaran dan Periklanan yang diketuai oleh Achsan Permas (Dosen Senior MM-PPM) dengan beranggotakan Prof. Hendrawan (Proffesor of Business Economic & Strategic Management), Handi Irawan (Konsultan Pemasaran), Hiskak Secakusuma (Dosen MM-UI, Komisaris Jaya Group), Narga Habib (Ketua Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia), Roy Goni (Dosen Senior MM-Atma Jaya), Darmadi Durianto (MM Strategic Marketing IBII) dan Liza Felicia Wulandari (Director of Advisory).

Irwan Hidayat mengatakan, ”Penghargaan – penghargaan terhadap perusahaan seperti ini terutama dalam pemasaran sangat penting, karena dapat membawa kemajuan bagi perusahaan di Indonesia”.

PT Sido Muncul sendiri sejak tahun 1991 dengan visi “Menjadi industri jamu yang dapat memberikan manfaat pada masyarakat dan lingkungan” mempunyai misi: Meningkatkan pelayanan dibidang herbal tradisional, mengembangkan research yang berhubungan dengan pengembangan pengobatan dengan bahan-bahan alami, meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya membina kesehatan melalui pola hidup sehat, pemakaian bahan-bahan alami dan pengobatan secara tradisional.

Dengan strategi pemasaran fokus pada upaya mengedukasi pasar yang baru dan pegembangan industri jamu, merek lokal, budaya lokal, brand extention, fokus yang berorientasi pada industri & brand, perencanaan pemasaran dilakukan oleh PT Sido Muncul secara jangka panjang dan jangka pendek. Secara jangka panjang fokus pada obat alam, ekspansi keluar pasar Indonesia, pengembangan brand produk-produk sesuai kebutuhan pasar sedangkan jangka pendeknya dengan memperkuat pasar dalam negeri, meningkatkan kapasitas pabrik, Brand Product (Kuku Bima Energi, Tolak Angin, Jamu Komplit) dan Research.

Selain itu Sido Muncul selalu aktif dalam mengkampanyekan produknya / melakukan komunikasi dengan melakukan road show kesejumlah daerah dan mempunyai program rutin bantuan sosial. Bentuk komunikasi yang dilakukan untuk mengekspos kegiatan sosial dengan menayangkan secara rutin pada media cetak maupun ektronik. Sehingga masyarakat akan lebih mengenal dan lebih cepat memilih produk yang ditawarkan Sido Muncul meskipun produk itu belum lama diluncurkan seperti Kuku Bima Energi. Meski baru diluncurkan pada tahun 2004 penjualannya terus mengalami kenaikan secara signifikan. Omsetnya pada tahun lalu melebihi target penjualan sebesar 1 miliar sachet. Sementara produk unggulan lainnya Tolak Angin, menjadi market leader obat masuk angin.

Kedua produk unggulan Sido Muncul ini semakin dipercaya masyarakat, terbukti Tolak Angin dan Kuku Bima menerima penghargaan Indonesian Customer Satisfaction Index (ICSA) 2008 pada 18 September 2008. Penghargaan ICSA untuk produk Kuku Bima merupakan yang ke empat kalinya sementara Tolak Angin untuk yang kedua kalinya. (PR Dept/16/09/08).

Sido Muncul Terima Penghargaan Rekor Bisnis 2010

Penyerahan penghargaan berlangsung di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (3/11), yang diserahkan oleh Indra Kurnia Direktur TERA Foundation dan Marigold Maitimoe diterima oleh Irwan Hidayat, Direktur Utama PT SidoMuncul.

Dalam siaran pers yang diterima MedanBisnis, Jumat (5/11), dijelaskan Rekor Bisnis merupakan pengakuan terhadap perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia atas prestasi yang berhasil diraih di kategori bisnis masing-masing. Prestasi yang mendapat pengakuan dari ReBi adalah suatu prestasi yang mencerminkan keunggulan nyata di atas rata-rata industri, atau istilahnya yang ”Ter” dan segala sesuatu yang bersifat superior.
Selain itu juga perusahaan-perusahaan yang mempelopori terciptanya suatu jenis produk maupun layanan. Pada kategori Perusahaan Penyedia Layanan Mudik Lebaran Terbanyak dan Terlama untuk para Stakeholder-nya, penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi atas yang telah dilakukan Sido Muncul dalam kegiatan mudik gratis bersama Pedagang Jamu se-Jabotabek.

Sejak tahun 1991 Sido Muncul telah menyelenggarakan kegiatan mudik gratis sebanyak 21 kali dalam kurun waktu 20 tahun (tahun 2000, Mudik Lebaran 2 kali yaitu Januari & Desember) ke enam kota tujuan Cirebon, Tegal, Kuningan, Banjarnegara, Wonogiri dan Solo. Pada tahun 2010 ada penambahan kota tujuan yaitu Yogyakarta.
Sementara penghargaan Perusahaan Jamu Tradisional Pertama yang mendapatkan sertifikat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) dan CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) setara dengan Perusahaan Farmasi, sertifikat tersebut telah diterima PT SidoMuncul pada tahun 2000 saat peresmian pabrik PT Sido Muncul di Jalan Soekarno Hatta KM 28, Klepu – Semarang oleh Menkes RI, Sujudi saat itu.

Sumber : http://www.sidomuncul.com/

6 November 2011 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: