MELISA ANGGRAINY PUTRI

Keep Smile and Keep Spirit :)

ANALISIS MANAJEMEN RUANG LINGKUP KELUARGA

Dalam keluarga kecil kita terdiri dari Ayah, Ibu, dan Anak. Semua mempunyai hak dan kewajiban masing-masing. Namun dalam pengelola keluarga adalah merupakan tanggung jawab bersama antara pihak Ayah dan Ibu.

Berikut ini hak dan kewajiban Ayah, Ibu, dan Anak :

Kewajiban :

  • Kewajiban seorang Ayah adalah sebagai kepala keluarga yang berusaha bekerja keras mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.
  • Kewajiban seorang Ibu adalah mengurus suami dan anak, membimbing anak-anaknya, dan bahkan memberikan kontribusi dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga dengan bekerja di luar rumah.
  • Dan kewajiban seorang Anak adalah hormat dan patuh kepada orang tua, meringkan beban orang tua, belajar dengan baik dan sungguh-sungguh agar menjadi anak yang sukses, dan lain sebagainya, karena tugas seorang anak itu banyak macamnya.

 

Hak :

  • Hak seorang Ayah adalah memenuhi semua kebutuhan keluarga dengan baik.
  • Hak seorang Ibu adalah menjadi contoh yang baik untuk anak-anaknya dan keluarga.
  • Dan Hak seorang Anak adalah anak berhak mendapatkan pendidikan yang baik, mendapatkan kehidupan yang layak, dan mendapatkan bimbingan yang baik dari orang tua dengan penuh kasih sayang.

Setiap keluarga harus mempunyai dan menjalankan hak dan kewajiban yang seimbang, agar dapat menciptakan keluarga yang sukses dan sejahtera.

Manajemen keluarga diartikan sebagai suatu proses atau kegiatan dalam keluarga untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan bersama. Hal utama dalam keluarga, agar tujuan keluarga dapat tercapai dan terpenuhi, salah satunya yaitu Komunikasi. Dalam keluarga kita harus menjalin suatu komunikasi, agar kita dapat mengetahui suatu yang terjadi dalam keluarga dan menciptakan keluarga yang harmonis. Dengan berkomunikasi kita dapat bertukar cerita dengan keluarga dan kita lebih saling terbuka dengan keluarga.

Selain itu dikeluarga harus mempunyai beberapa peranan, yaitu :

  • Peranan keluarga dalam dunia Pendidikan :

Dalam keluarga, tugas seorang Ayah adalah memberikan pendidikan yang baik kepada anak-anaknya, agar seorang anak menjadi sukses. Apabila keluarga kita menjadi sukses, maka kebutuhan hidup dalam keluarga akan terpenuhi. Orang tua yang mengerti akan kebutuhan anak selalu menyiapkan sarana pendidikan dan juga memberikan motivasi agar anak bersemangat untuk belajar.  Tugas orang tua adalah sebagai guru atau pendidik yang utama dan pertama di dalam rumah tangga dalam menumbuhkan dan mengembangkan kekuatan mental dan fisik anak. Dengan demikian, keluarga merupakan lembaga pendidikan yang pertama dan utama.

  • Peranan keluarga dalam Mengelola Keuangan keluarga :

Dalam keluarga, kita harus bisa mengelola keuangan dengan baik. Apabila seorang Ayah mendapatkan penghasilan, maka seorang Ibu harus bisa mengelola keuangan itu dengan baik dengan cara menyisikan uang untuk keperluan rumah tangga, menyisikan uang untuk pendidikan anaknya, dan menyisikan uang untuk menabung. Tabungan itu sangat penting untuk keperluan mendadak dan untuk keperlukan di masa yang akan datang. Jadi setiap keluarga harus bisa mengatur dan memanfaatkan keuangan dengan benar dan baik, agar keluarga mencapai kehidupan yang baik.

  • Peranan keluarga dalam Memenuhi kebutuhan primer, sekunder dan tersier :

Dalam keluarga khususnya seorang Ayah harus bisa memenuhi seluruh kebutuhan keluarganya. Pertama kita harus memenuhi kebutuhan primer yang terdiri kebutuhan bahan makanan pokok, pakaian, dan tempat tinggal. Kedua memenuhi kebutuhan sekuder yang terdiri dari pendidikan. Ketiga memenuhi kebutuhan tersier yang terdiri dari barang-barang mewah, contohnya mobil, handphone, dll. Namun, kebutuhan yang wajib untuk dipenuhi hanyalah primer dan sekunder, tersier hanyalah untuk keluarga yang perekonomiannya berlebihan.

 

KESIMPULANNYA :

Jadi, dalam keluarga kita harus menjalankan hak dan kewajiban dengan seimbang dan dalam keluarga kita harus saling berkomunikasi. Dalam keluarga pasti mempunyai peranan untuk kebutuhan keluarga, yaitu dalam dunia pendidikan, mengelola keuangan dengan baik, dan memenuhi kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Apabila ketiga tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, maka keluarga kita akan menjadi sukses dan kehidupan keluarga dapat tertata dengan baik.

5 Maret 2012 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: