MELISA ANGGRAINY PUTRI

Keep Smile and Keep Spirit :)

PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH DATA

KELOMPOK 10

MEISTY JULIAN P

MELISA ANGGRAINY PUTRI

SHELLA OCTAVIA

 

KELAS : 2DB05

MANAJEMEN INFORMATIKA

UNIVERSITAS GUNADARMA

2012

v IMPLEMENTASI GRAFIK KOMPUTER BIDANG KEDOKTERAN

Grafik komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang mempelajari teknik pembuatan dan manipulasi gambar (objek visual) secara digital. istilah grafik komputer ditemukan pada tahun 1960 oleh William Fetter. pada saat itu grafik komputer didefinisikan sebagai pembentukan desain model cockpit (boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 dimensi. Pada tahun 1963 perkembangan teknologi grafik komputer ditandai dengan ditemukannya Sutherland atau MIT, Sketchpad yang digunakan untuk manipulasi secara langsung, alat untuk menampilkan Caligraphic (vector) dan Mouse oleh Douglas Englebert.

Dalam bidang kedokteran implementasi grafik computer yaitu Alat Ultrasonografi USG. USG adalah suatu alat dalam dunia kedokteran yang memanfaatkan gelombang ultrasonik, yaitu gelombang suara yang memiliki frekuensi yang tinggi (250 kHz – 2000 kHz) yang kemudian hasilnya ditampilkan dalam layar monitor Pada awalnya penemuan alat USG diawali dengan penemuan gelombang ultrasonik kemudian bertahun-tahun setelah itu, tepatnya sekitar tahun 1920-an, prinsip kerja gelombang ultrasonik mulai diterapkan dalam bidang kedokteran.

USG ini terdiri dari : USG 2 dimensi, USG 3 dimensi, USG 4 dimensi, dan USG Doppler

Skema kerja USG :

  1. Transduser, Transduser  adalah komponen USG yang ditempelkan pada bagian tubuh yang akan diperiksa, seperti dinding perut atau dinding poros usus besar pada pemeriksaan prostat.
  2. Monitor, Monitor yang digunakan dalam USG
  3. Mesin USG, Mesin USG merupakan bagian dari USG dimana fungsinya untuk mengolah data yang diterima dalam bentuk gelombang.

Keuntungan USG :

  1. Dapat mendekteksi penyakit, mendeteksi keadaan bayi dalam kandungan, mendeteksi kanker payudara
  2. Tidak terjadi efek samping

Kerugian USG :

  1. Tidak 100% akurat

 

v IMPLEMENTASI OLAH CITRA BIDANG KEDOKTERAN

Pengolahan citra adalah salah satu cabang dari ilmu informatika. Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu. Citra adalah gambar dua dimensi yang dihasilkan dari gambar analog dua dimensi yang kontinu menjadi gambar diskrit melalui proses sampling. Gambar analog dibagi menjadi N baris dan M kolom sehingga menjadi gambar diskrit. Persilangan antara baris dan kolom tertentu disebut dengan piksel. Contohnya adalah gambar/titik diskrit pada baris n dan kolom m disebut dengan piksel [n,m].

Dalam bidang kedokteran implementasi olah citra dalam bidang kedokteran adalah : Sinar X atau sinar Röntgen. Sinar-X atau sinar Röntgen adalah salah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang berkisar antara 10 nanometer ke 100 picometer (mirip dengan frekuensi dalam jangka 30 PHz to 60 EHz). Sinar-X umumnya digunakan dalam diagnosis gambar medikal dan Kristalografi sinar-X. Sinar-X adalah bentuk dari radiasi ion dan dapat berbahaya. Sinar-X diamati pertama kali oleh Roentgen pada 8 Nopember 1895. Dalam bidang kedokteran dan kesehatan, sinar X atau sinar rontgen digunakan antara lain untuk mendiagnosis penyakit, pengobatan penyakit, dan perbaikan suatu cacat serta penbedahan.

Kelebihan Sinar X :

  1. Lebih efektif
  2. Lebih cepat normal

Kekurangan Sinar X :

  1. Penyinaran dengan laser biasanya tidak bisa dilakukan hanya sekali melainkan berulang kali. Padahal biaya untuk sekali penyinaran relatif mahal.
  2. Efek samping penggunaan laser yang sering dilaporkan adalah munculnya rasa panas setelah dilakukan penyinaran.
  3. Tindakan laser membutuhkan syarat tertentu. Misalnya, di ruang penyinaran sebaiknya tidak terdapat alkohol dan produk lain yang mengandung alkohol seperti hair spray, minyak wangi, antiseptik, atau lainnya.

 

CARA PENYAJIAN TUGAS INI

Kami mengerjakan bersama-sama secara berkelompok dengan cara membaca artikel yang tersedia di google yaitu yang ada di sebuah blog orang, dari beberapa artikel yang terdapat di google kami ringkas dan kami ambil beberapa intinya saja.

Dengan kemajuan tekhnologi saat ini, internet sangat membantu kami dalam mengerjakan tugas ini dengan mudah..

 

  • DAFTAR PUSTAKA

http://tugasbidan2008.blogspot.com/2008/12/ultrasonografi-usg.html

http://bleedcorpse.wordpress.com/2010/10/31/usg-sebagai-new-media-kesehatan-2/

http://devieafriani.blogspot.com/2010/10/aplikasi-grafik-komputer-dan-pengolahan.html

http://erick-sagutumbu.blogspot.com/2009/11/pengertian-dan-manfaat-sinar-x.html

http://rody999.wordpress.com/2009/06/25/manfaat-dari-sinar-laser/

http://kutak-ketik.blogspot.com/2010/12/sinar-laser-pengertian-manfaat-sinar.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer

http://caber4w1t.wordpress.com/2010/11/15/perkembangan-implementasi-grafik-komputer/

29 September 2012 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: