MELISA ANGGRAINY PUTRI

Keep Smile and Keep Spirit :)

PRESENTASI PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA

KELOMPOK 10

MEISTY JULIAN P

MELISA ANGGRAINY PUTRI

SHELLA OCTAVIA

 

KELAS : 2DB05

MANAJEMEN INFORMATIKA

UNIVERSITAS GUNADARMA

2012

v PENGERTIAN GRAFIKA KOMPUTER

Grafika komputer (Inggris: Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalahgrafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.

 

v PENGERTIAN OLAH CITRA

Citra (image) = gambar pada bidang 2 dimensi. Sedangkan pengolahan citra adalah memproses suatu citra sehingga menghasilkan citra yang sesuai dengan keinginan kita atau kualitasnya menjadi lebih baik. Pengolahan citra adalah setiap bentuk pengolahan sinyal dimana input adalah gambar, seperti foto atau video bingkai, sedangkan output dari pengolahan gambar dapat berupa gambar atau sejumlah karakteristik atau parameter yang berkaitan dengan gambar. Pengolahan citra merupakan proses pengolahan dan analisis citra yang banyak melibatkan persepsi visual.

v HUBUNGAN GRAFIKA KOMPUTER DENGAN OLAH CITRA

Grafik computer (computer graphic) dapat diartikan sebagai seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar, grafik atau citra realistic untuk seni, game  computer , foto dan animasi computer. Sejarah dari pertama kali grafik computer mulai digunakan itu sekitar tahun 1950. Pada tahun ini adalah fase pertama ditemukan grafik computer dan masih menggabungkan computer whirlwind dengan tabung sinar katoda(CRT). Pada tahun 1980-1990 ini merupakan fase yang keempat, pada fase keempat inilah teknologi hybrid mulai diperkenalkan. Teknologi ini berguna untuk penggabungan objek pejal dengan permukaan.

Citra(image) = gambar pada bidang 2 dimensi. Sedangkan pengolahan citra adalah memproses suatu citra sehingga menghasilkan citra yang sesuai dengan keinginan kita atau kualitasnya menjadi lebih baik. Pengolahan citra juga dapat digunakan secara rutin bisa digunakan sebagaimana juga pada grafik computer.

Dilihat dari pengertian dan kegunaan dari grafik computer dan pengolahan citra diatas dapat disimpullkan di dalam system informasi sangat penting akan kedua tersebut karena didalam banyak yang menggunakan grafik computer dan pengolahan citra. Contohnya didalam membuat sebuah web maupun program sering kali kita jumpai design – design gambar sehingga menunjang akan keindahan dari web ataupun program tersebut.

Para programmer maupun web programming selain mereka mampu dalam pencodingan mereka juga dituntut harus mampu atau jeli akan pengolahan citra, sehingga program dan web lebih menarik dan lebih simpel sehingga mampu dimengerti oleh user.

PERBANDINGAN ANTRA GRAFIKA KOMPUTER DENGAN OLAH CITRA

Perbandingan antara grafik komputer dan pengolahan citra; Grafik Komputer lebih cenderung bersifat hiburan sedangkan pengolahan citra cenderung bersifat dibidang kesehatan.

DAFTAR PUSTAKA

http://fierdede.blogspot.com/2010/09/definisi-grafik-komputer.html

http://jihanfaruqbamukrah.blogspot.com/2010/05/pengertian-pengolahan-citra-image.html

http://yusufedi.blogspot.com/2012/09/hubungan-antara-grafik-computer-dan.html

 

1 Oktober 2012 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: