MELISA ANGGRAINY PUTRI

Keep Smile and Keep Spirit :)

JENIS MEDIA PENYIMPANAN (MAGNETIC TAPE)

KELOMPOK 1 :

Ahmad Fauzi (30111425)

Anugrah Pratama (30111997)

Heriansyah Nasution (33111334)

Maulana Akhsani (34111348)

Melisa Anggrainy Putri (34111420)

KELAS : 2DB05

MANAJEMEN INFORMATIKA

UNIVERSITAS GUNADARMA

2012

 

JENIS MEDIA PENYIMPANAN (MAGNETIC TAPE)

  

v Pengertian Magnetic Tape

Magnetic tape adalah model pertama dari pada secondary memory. Magnetic tape ini tempat penyimpanan menggunakan medan magnet dengan sistem pembacaan data secara Sequential Access Storage Device (SASD). Pada tahun 1950-an magnetic tape telah digunakan pertama kali oleh IBM untuk menyimpan data. Saat sebuah rol magetic tape dapat menyimpan data setara dengan 10.000 punch card, membuat magnetic tape sangat populer sebagai cara menyimpan data komputer hingga pertengahan tahun 1980-an. Tape ini juga dipakai untuk alat input/output dimana informasi dimasukkan ke CPU dari tape dan informasi diambil dari CPU lalu disimpan pada tape lainnya. Panjang tape pada umumnya 2400 feet, lebarnya 0.5 inch dan tebalnya 2 mm. Panjang pita bermacam-macam mulai 300, 600, 1200, sampai 2400 feet per reel. Jumlah data yang ditampung tergantung pada model tape yang digunakan. Untuk tape yang panjangnya 2400 feet, dapat menampung kira-kira 23.000.000 karakter. Data disimpan dalam bintik kecil yang bermagnit dan tidak tampak pada bahan plastik yang dilapisi ferroksida. Flexible plastiknya disebut mylar. Mekanisme aksesnya adalah tape drive.

 

Fungsi Magnetic Tape

1        untuk media penyimpanan

2        untuk alat input/output

3        untuk merekam audio, video atau sinyal

 

Cara Kerja Magnetic Tape

Data direkam secara digit pada media tape sebagai titik-titik magnetisasi pada lapisan ferroksida. Magnetisasi positif menyatakan 1 bit, sedangkan magnetisasi negatif menyatakan 0 bit atau sebaliknya.

 

v Sistem Block pada Magnetic Tape

1        Data yang dibaca dari atau ditulis ke tape dalam suatu grup karakter disebut block. Suatu block adalah jumlah terkecil dari data yang dapat ditransfer antara secondary memory dan primary memory pada saat akses. Sebuah block dapat terdiri dari satu atau lebih record. Sebuah block dapat merupakan physical record.

2        Diantara 2 block terdapat ruang yang kita sebut sebagai gap (inter block gap).

 

v Macam-Macam Magnetic Tape

1        Mini cartridge : dapat menampung data sebesar 250 MB sampai 8 GB).

2        Videotape/Videocassette (Pita Video/Kaset Video) : merupakan alat penyimpanan komputer yang banyak ditemui di pasaran. Videotape terdiri dari berbagai macam format, baik dalam format analog maupun digital. Format analog misalnya VHS, S-VHS ataupun format berkualitas broadcast, yaitu : Betacam, Format digital dapat dalam MiniDV, DVC-Pro,DVCAM, HDCAM, Hi8, DVHS, atau format digital untuk kualitas broadcast Betacam Digital.

 

v Representasi Data dan Density pada pita magnetik

Data direkam secara digit pada media ini sebagai titik-titik magnetisasi pada lapisan ferroksida. Magnetisasi positif menyatakan 1 bit, sedangkan magnetisasi negatif menyatakan 0 bit atau sebaliknya. Tape terdiri atas 9 track, 8 track dipakai untuk merekam data dan track yang ke 9 untuk koreksi kesalahan. Salah satu karakteristik yang penting dari pita magnetic ini adalah density (kepadatan) dimana data disimpan. Density adalah fungsi dari media tape dan drive yang digunakan untuk merekam data ke media tadi. Satuan yang digunakan density adalah bytes per inch (bpi). Umumnya density dari tape adalah 1600 bpi dan 6250 bpi. (bpi ekivalen dengan charakter per inch).

 

v Parity dan Error Control pada Magnetic Tape

1        ODD PARITY (Parity Ganjil), Jika data direkam dengan menggunakan odd parity, maka jumlah 1 bit yang merepresentasikan suatu karakter adalah ganjil. Jika jumlah 1 bitnya sudah ganjil, maka parity bit yang terletak pada track ke 9 adalah 0 bit, akan tetapi jika jumlah 1 bitnya masih genap maka parity bitnya adalah 1 bit.

2        EVEN PARITY ( Parity Genap), Bila kita merekam data dengan menggunakan even parity, maka jumlah 1 bit yang merepresentasikan suatu karakter adalah genap jika jumlah 1 bitnya sudah genap, maka parity bit yang terletak pada track ke 9 adalah 0 bit, akan tetapi jika jumlah 1 bitnya masih ganjil maka parity bitnya adalah 1 bit.

 

v Organisasi Berkas dan Metode Akses pada Magnetic Tape

Untuk membaca atau menulis pada suatu magnetic tape adalah secara sequential. Artinya untuk mendapatkan tempat suatu data maka data yang didepannya harus dilalui terlebih dahulu. Maka dapat dikatakan organisasi data pada file didalam tape dibentuk secara sequential dan metode aksesnya juga secara sequential.

 

v Keuntungan dan Keterbatasan Penggunaan Magnetic Tape

 

  • Keuntungan Penggunaan magnetic tape:

1        Panjang record tidak terbatas.

2        Density data tinggi.

3        Volume penyimpanan datanya besar dan harganya murah.

4        Kecepatan transfer data tinggi.

5        Sangat efisiensi bila semua atau kebanyakan record dari sebuah tape file memerlukan pemrosesan seluruhnya

 

  • Keterbatasan Magnetic Tape:

1        Akses langsung terhadap record lambat

2        Masalah lingkungan

3        Memerlukan penafsiran terhadap mesin

4        Proses harus sequential

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://arismunandaroftkj.blogspot.com/2009/05/magnetic-tape.html

http://ichnurezha.wordpress.com/2012/03/24/magnetic-tape-dan-magnetic-disk/

http://kurniawanadam.wordpress.com/2012/06/10/program-menghitung-kapasistas-dan-waktu-akses-media-penyimpanan-magnetic-tape-menggunakan-visual-basic-6-0/

http://www.itechgraph.com/blog/tag/magnetic-tape/

http://niiasaba.wordpress.com/2010/03/11/media-magnetik/

 

6 Oktober 2012 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: